SELAMAT DATANG DI LP2M UNDANA !

Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun kami pastikan anda mendapatkan pelayanan terbaik.

Kontak Kami

SELAMAT DATANG DI LP2M UNDANA !

SELAMAT DATANG DI LP2M UNDANA !

Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun kami pastikan anda mendapatkan pelayanan terbaik.

Kontak Kami

SELAMAT DATANG DI LP2M UNDANA !

SELAMAT DATANG DI LP2M UNDANA !

Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun kami pastikan anda mendapatkan pelayanan terbaik.

Kontak Kami

SELAMAT DATANG DI LP2M UNDANA !

Sejarah LP2M

Sejarah pertama kali dibentuk hingga tahun 1980 disebut Biro Penelitian, tahap perkembangan selanjutnya disebut Pusat Penelitian ( Puslit ). Seiring dengan berkembangnya Undana serta menyikapi perkembangan IPTEK dan Dinamika masyarakat, sesuai SK Rektor Undana No.03 Tahun 1995 status Pusat Penelitian ditingkatkan menjadi Lembaga Penelitian ( Lemlit ) karena telah memiliki 15 Pusat penelitian ( Puslit ). Lembaga Penelitian dewasa ini, secara institusional merupakan perkembangan dari periodisasi sejarah singkat sebagai berikut :
1. Periode 1974-1980
Lembaga Penelitian Undana awalnya didirikan pada tahun 1974 dengan nama Biro Penelitian Undana yang dipimpin oleh Drs.M.Widiyatmika. Periode ini disebut sebagai periode perintisan yang telah memberikan basis bagi mekarnya kegiatan penelitian di Undana.

2. Periode 1980-1995
Berdasarkan Keputusan Rektor Undana No.160 Tahun 1980 Tentang Penyesuaian Organisasi Lembaga Penelitian Universitas Nusa Cendana, maka Biro Penelitian berubah nama menjadi Pusat Penelitian Undana. Dalam keputusan tersebut juga ditetapkan Kepala Pusat adalah Drs.M.Widiyatmika dan Drs.B.Patty menjabat sebagai Sekretaris. Pada tahun 1987 terjadi mutasi pimpinan Puslit, dimana Dr.A.S.Benu,MS menjadi Kapuslit Undana Sekretaris Drs.Djiba Maku.
3. Periode 1995-2005
Pada tahun 1995 terjadi perkembangan kelembagaan penelitian, dimana berdasarkan Keputusan Rektor Undana No.03 Tahun 1995, Pusat Penelitian Undana ditingkatkan statusnya sebagai Lembaga Penelitian Undana yang membawahi lima pusat penelitian yaitu :
1. Pusat Penelitian Lingkungan Hidup dan Sumberdaya Alam,
2. Pusat Penelitian Kependudukan,
3. Pusat Penelitian Kebudayaan Daerah,
4. Pusat Penelitian Lahan Kering dan
5. Pusat Penelitian Wanita.
Pada Tahun 1995 pimpinan Lembaga Penelitian diserahterimakan dari DR.A.S.Benu,MS kepada Drs.H.Tiluata,MSc dengan Sekretaris Drs.J.A.Frans. Pada September 1998 terjadi mutasi Ketua Lembaga dari Prof.Drs.H.Tiluata,M.Sc kepada Dr.I.G.Arjana,MS. Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Rektor Undana No.67 Tahun 2002 Ir.Frans Umbu Datta,M.App.Sc,Ph.D diangkat menjadi Ketua Lembaga Penelitian Undana menggantikan Dr.I.G.Arjana,MS.
Secara operasional penjabaran tugas Lembaga Penelitian diatur pada pasal 35 dari Keputusan Mendikbud RI Nomor 0180/0/1995 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Nusa Cendana

4. Periode 2005-2010
Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Undana No.197/KP/2005 tanggal 13 Desember 2005 maka diangkat Ir.Fredik L.Benu,M.Si,Ph.D sebagai Ketua Lembaga Penelitian yang baru dan menggantikan Prof.Ir.Frans Umbu Datta,M.App.Sc,Ph.D dan Drs.O.Nawa Pau,MM.ABM sebagai Sekretaris.
Periode ini terdapat beberapa pusat penelitian dan pusat pengembangan diantaranya:
1. Pusat Penelitian Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam (PPLHSA)
2. Pusat Penelitian Lahan Kering (PPLK)
4. Pusat Studi Advokasi Hak Asasi Manusia (PSHAM)
6. Pusat Penelitian Perikanan dan Kelautan (P3K)
7. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sapi Bali-Timor
8. Pusat Penelitian Manajemen
9. Pusat Penelitian Hak Kekayaan Intelektual (HAKI)
10.Pusat Penelitian dan Pengembangan Umbi-Umbian dan Kacang-Kacangan
11.Pusat Penelitian dan Pengembangan Cendana dan Arboretum
12. Center For Australia and Pasific Studies (CAPS)
13. Pusat Studi Perubahan Sosial dan Politik Lokal

5. Periode 2010-2018
Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Undana No.256/KP/2010, tanggal 30 Juli 2010 maka diangkat Prof.Dr.Mien Ratoe Oedjoe sebagai Ketua Lembaga Penelitian yang baru dan menggantikan Prof.Ir.Fredik L. Benu, M.Si.,Ph.D dan Ir.Tarus Vincentius, M.Sc.,Ph.D sebagai Sekretaris menggantikan Drs.O.Nawa Pau,MM,ABM. Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Undana No.31/KP/2012, tanggal 3 Januari 2012 Dr. Ir. Ludji Michael Riwu Kaho, M.Si sebagai Sekretaris menggantikan Ir.Tarus Vincentius, M.Sc.,Ph.D.
Periode ini Lembaga Penelitian undana membawahi 15 Pusat penelitian yang terdiri dari:
1. Pusat Penelitian Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam (PPLHSA)
2. Pusat Penelitian Kependudukan (PPK)
3. Pusat Penelitian Lahan Kering (PPLK)
4. Pusat Penelitian Gender dan Anak (PPGA)
5. Pusat Studi Advokasi Hak Asasi Manusia (PSHAM)
6. Pusat Penelitian Perikanan dan Kelautan (P3K)
7. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sapi Bali-Timor
8. Pusat Penelitian Manajemen
9. Pusat Penelitian Hak Kekayaan Intelektual (HAKI)
10. Pusat Penelitian dan Pengembangan Umbi-Umbian dan Kacang-Kacangan
11. Pusat Studi Kebudayaan dan Pariwisata
12. Pusat Penelitian dan Pengembangan Cendana dan Arboretum
13. Center For Australia and Pasific Studies (CAPS)
14. Pusat Studi Perubahan Sosial dan Politik Lokal
15. Pusat Penelitian Kebijakan Kesehatan dan Kedokteran

6. Periode 2019 – sekarang
Pada Periode ini
VISI, MISI DAN FUNGSI VISI
Terwujudnya Lembaga Penelitian sebagai pusat unggulan dalam mengembangkan IPTEKS melalui kegiatan penelitian untuk menunjang Tridharma Perguruan Tinggi dan meningkatkan kontribusinya bagi pembangunan, khususnya dalam bidang pertanian lahan kering dan kelautan. MISI Menjadikan Lembaga Penelitian sebagai lembaga yang berkompeten dan berdaya saing secara berkelanjutan dalam menerapkan dan mengembangkan IPTEKS yang berbasis pada Lahan Kering dan Kelautan.
FUNGSI LEMBAGA PENELITIAN
1. Melaksanakan penelitian ilmiah murni.
2. Melaksanakan penelitian IPTEKS tertentu untuk menunjang pembangunan.
3. Melaksanakan penelitian untuk pendidikan dan pengembangan institusi.
4. Melaksanakan penelitian IPTEKS serta penelitian untuk mengembangkan konsepsi pembangunan Nasional, wilayah dan atau daerah melalui kerjasama baik dalam negeri maupun luar negeri.
5. Melaksanakan tata usaha lembaga.
Untuk dapat melaksanakan tugas dan fungsi secara optimal, Lembaga Penelitian terus berbenah diri dengan menyiapkan fasilitas perkantoran, manajemen kantor dan rekrutmen tenaga ahli berbagai disiplin yang terbesar di berbagai fakultas serta melaksanakan pelatihan metodologi penelitian, penulisan karya ilmiah dan sebagainya. Tenaga ahli/peneliti Undana yang mempunyai kualifikasi S-3 ( doktor ) baik dalam maupun luar negeri pada berbagai bidang ilmu. Bidang keahlian tersebut tersebar diberbagai fakultas yakni bidang ilmu pendidikan dan keguruan, bidang ilmu-ilmu sosial dan politik, bidang ilmu hukum, bidang pertanian, bidang peternakan, bidang keteknikan, bidang perikanan dan kelautan. Sesuai pusat-pusat penelitian yang ada, dikembangkan juga bidang lingkungan dan sumberdaya alam, bidang kependudukan, bidang lahan kering, bidang kebudayaan dan pariwisata serta bidang kajian wanita/perempuan. Dalam kegiatan penelitian Lembaga Penelitian Undana juga menjalin kerjasama dengan Melaksanakan penelitian IPTEKS
serta penelitian untuk mengembangkan konsepsi pembangunan nasioanl, wilayah dan atau daerah melalui kerjasama baik dalam negeri maupun luar negeri. Sebagai bentuk kerjasama dengan berbagai elemen di atas yakni pemerintah, swasta baik dalam negeri maupun luar negeri.

IMG_4104-895x430-1

Profil

Profil

20201217_152318

Personalia

Personalia

LP2M - BLACK

Kontak Kami

Kontak kami