Pusat Layanan Kuliah Kerja Nyata

Pengumuman

BPBD dan UNDANA: Kegiatan Pembekalan KKN Kelurahan Tangguh Bencana untuk Meningkatkan Ketangguhan Masyarakat NTT

 

Kupang, 18 Oktober 2023 – Kerja sama strategis antara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Universitas Nusa Cendana (UNDANA) semakin mengukuhkan komitmen mereka dalam meningkatkan ketangguhan masyarakat terhadap bencana di Nusa Tenggara Timur. Salah satu langkah penting dalam kerja sama ini adalah kegiatan pembekalan Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelurahan Tangguh Bencana yang digelar pada tanggal 18 dan 20 Oktober 2023 bertempat di Aula Cendana Wangi Poltekkes Kemenkes Kupang.

Kegiatan ini didukung oleh Program Siap Siaga dan dibuka langsung oleh Penjabat Gubernur NTT, Bapak Ayodhia G. Kalake dalam hal ini diwakilkan oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi NTT, Bapak Ambrosius Kodo, S.Sos. Dalam pidatonya, beliau menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada Universitas Nusa Cendana dan Program Siap Siaga yang telah berkolaborasi bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam rangka pengurangan risiko bencana berbasis komunitas melalui pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik Pembentukan Desa/Kelurahan Tangguh Bencana. Program KKN Keltana tahun ini akan ada di 20 Kelurahan Kota Kupang. Hal ini merupakan upaya nyata untuk membangun kelurahan tangguh terhadap bencana di wilayah Kota Kupang yang dikenal rentan terhadap berbagai jenis ancaman bencana seperti banjir, gempa bumi dan lain sebagainya.

Dalam rangkaian kegiatan ini, terdapat lima tahapan kunci yaitu Penilaian PKD Kelurahan (Potensi, Kebutuhan dan Dampak Bencana), Pengkajian Risiko Bencana Partisipatif, Pembentukan Forum PRB Kelurahan, Penguatan Layanan Dasar dan akan berakhir dengan Penyusunan Rencana Kegiatan KKN Kelurahan Tangguh Bencana. Tiap tahapan kegiatan ini akan melibatkan mahasiswa agar dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang bencana, penguatan komunitas serta perencanaan strategis dalam menghadapi bencana.

Dengan program KKN Keltana kita menyaksikan komitmen bersama yang luar biasa dalam membangun masa depan yang lebih aman dan tangguh terhadap bencana. “Pembentukan Desa/Kelurahan Tangguh Bencana Berbasis Komunitas merupakan rangkaian upaya menuju Indonesia Tangguh 2045. Perencanaan pembangunan yang berbasis pengurangan risiko bencana inklusif, yang mengedepankan pendekatan masyarakat secara menyeluruh, aktif dan bermakna dapat memastikan bahwa semua orang terlibat, berkontribusi, terlindungi dari bencana,” ujarnya.

Ia melanjutkan, semangat kolaborasi menjadi pilar utama dalam upaya memitigasi risiko bencana dan memperkuat ketahanan kelurahan. Semoga program ini memiliki dampak besar bagi masyarakat di kelurahan agar dapat bersama-sama menghadapi tantangan bencana dengan lebih siap dan percaya diri.

 

https://bpbd.nttprov.go.id/berita/detail/329/BPBD-dan-UNDANA:-Kegiatan-Pembekalan-KKN-Kelurahan-Tangguh-Bencana-untuk-Meningkatkan-Ketangguhan-Masyarakat-NTT

https://www.victorynews.id/ntt/33110565126/bpbd-gandeng-undana-tingkatkan-ketangguhan-masyarakat-ntt

Informasi Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Pembekalan Mahasiswa KKN UNDANA Periode Semester Ganjil 2022/2023| Undana

PENGUMUMAN LOKASI KKN MAHASISWA SEMESTER GENAP TAHUN 2024

 

Terlampir link pengumuman penempatan lokasi mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Periode semester genap tahun 2024.

Kepada mahasiswa/i yang telah di tempatkan sesuai lokasi KKN diharapkan segera menghubungi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) masing-masing untuk berkoordinasi mengenai keberangkatan menuju lokasi tujuan.

Terimakasih.

link :

https://drive.google.com/drive/folders/1ZE0tYAVg3PGyKgmIhITo5DPZw4JcBvWb?usp=sharing