Sebelum ke Sabu Raijua, 28 Mahasiswa KKN PPM UGM Kunjungi Undana

Sebanyak 28 (dua puluh delapan) mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran, Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Gadjah Mada (UGM) mengunjungi Universitas Nusa Cendana (Undana). Para mahasiswa dari berbagai fakultas itu didampingi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN PPM, Dr. Widya Nayati, M.A. Mereka diterima Rektor Undana, Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M. Sc,  Wakil Rektor (WR) Bidang Kerjasama, Ir. I Wayan Mudita, M. Sc., Ph. D dan WR Bidang Kemahasiswaan, Dr. Sipri Suban Garak, M. Sc di Ruang Teater, Rektorat Undana, Selasa (28/6/2022) siang.

Hadir pada kesempatan itu, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M), Dr. Damianus Adar, M. Ec, Ketua Harian Keluarga Alumni UGM (Kagama), Robert P. Fanggidae, dan Sekretaris Noya Letuna, S. Sos., MA, serta perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Badan Legislatif Mahasiswa (BLM) Undana. 28 mahasiswa itu akan melaksanakan KKN-PPM Periode 2 di Kecamatan Hawu Mehara, Kabupaten Sabu Raijua mulai tanggal 28 Juni hingga 18 Agustus 2022.

Rektor Undana, Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M. Sc dalam sambutannya mengaku senang  atas kunjungan 28 mahasiswa UGM beserta DPL. Ia juga mengapresiasi mahasiswa UGM yang memilih Kabupaen Sabu Raijua. Hal ini menurutnya menjadi motivasi dan inspirasi bagi Undana. Rektor pada kesempatan itu menyesal dengan keinginan mahasiswa peserta KKN Undana yang selama ini kerap menolak ketika ditempatkan di wilayah pedalaman di NTT. “Dalam pembekalan KKN, saya bilang setop (menolak). Orang dari Jawa, UGM saja pergi KKN di Sabu, kalian yang tuan rumah ini tidak mau. Memalukan, saya bilang, kalau ada mahasiswa yang menolak, ya tidak usah KKN saja,” ujar Rektor.

Rektor, Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M. Sc mengalungkan tenunan khas NTT kepada DPL KKN-PPM UGM, Dr. Widya Nayati, M.A di Ruang Teater, Rektorat Undana, Selasa (28/6/2022).

Dengan hadirnya mahasiswa UGM, ia berharap bisa menjadi langkah awal bagi Undana dan UGM untuk melakukan kerja sama, agar ke depan mahasiswa dari dua universitas bisa KKN bersama.  Dengan begitu, sambungnya, akan memberi kesempatan bagi generasi muda untuk mengapresiasi keberagaman yang dimiliki Indonesia. “Keberagaman yang merupakan rahmat Tuhan ini harus disyukuri, siapa lagi yang harus menjadi champion dan agent of change untuk mempertahankan keberagaman, adalah orang-orang muda,” ujarnya.

“Kita bisa mempertemukan anak muda dari beragam daerah untuk bisa mencintai keberagaman bangsa ini. Ini jadi modal bagi generasi muda agar tidak hanya cerdas, tetapi humanis,” sambung Rektor.

Ketua Harian Kagama NTT, Robert P. Fanggidae mengaku sangat bersyukur para mahasiswa dan DPL bisa tiba di Kupang dengan selamat. Menurutnya, kehadiran mahasiswa UGM sebagai tantangan bagi mahassiwa di NTT. “Ini tantangan bagi kita, karena kita sendiri sepertinya kurang semangat membangun daerah. Hampir semu perempuan yang dating, dan menurut ibu Widi ini orang-orang nekat, karena perlu persetujuan orangtua untuk dating KKN ke 3 kali di Sabu,” ujarnya. Ia mengatakan, hal yang tak kalah penting dari KKN ini bukan saja soal belajar pengetahuan, tetapi hal yang tak kalah penting adalah belajar soal wawasan nusantara. Sebab, KKN memberi kesempatan bagi mahasiwa dari UGM agar mengubah pandangan tentang orang NTT, khsusunya Sabu Rijua yang masih memeprtahankan persaudaraan dan kekeluargaan.

DPL KKN-PPM UGM, Dr. Widya Nayati, M.A pada kesempatan itu mengisahkan sejumlah kegiatan yang telah dilakukan dan akan dilakukan di  Hawu Mehara, Sabu Raijua. Fokus mahasiswa UGM di Sabu adalah pada persoalan pangan. Namun demikian, pihaknya fokus kepada pariwisata. Sebab menurutnya, jika pariwisata kuat, maka pangan masyarakat juga akan kuat. Ke depan, jelas Widya, tidak menutup kemungkinan Undana dan UGM akan melakukan KKN bersama. “Kami terharu bisa diterima di Undana, apa yang sudah dilakukan bisa dilakukan secara bersama-sama,” ujar Plt. Kepala Pusat Studi Wanita UGM itu. (rfl)

Rektor, Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M. Sc menerima cinderamata dari perwakilan mahasiswa peserta KKN-PPM UGM di Ruang Teater, Rektorat Undana, Selasa (28/6/2022).

Author

Editor LP2M

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *