Rektor Undana Lantik 3 Wakil dan 2 Kepala Biro

Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana), Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M Sc, resmi mengambil sumpah dan melantik 3 (tiga) Wakil Rektor (WR) dan 2 (dua) Kepala Biro di lingkungan Undana. Acara pengambilan sumpah dan pelantikan dilaksanakan di Aula Rektorat Undana, Selasa (28/6/2022) siang. 3 akademisi yang menduduki jabatan WR, yakni Dr. drh. Annytha I. R. Detha, M. Si sebagai WR I Bidang Akademik, Dr. Siprianus Suban Garak, M. Sc, sebagai WR III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, dan Dr. Jefri S. Balle, ST., M. Eng sebagai WR IV Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi. Sementara itu dua Kepala Biro yang ikut dilantik adalah Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK), Drs. Raynold A. Ludji Nguru, M. Si, dan Kepala Biro Perencanaan, Kerja Sama (BPKS), Yefry C. Adoe, SE.

Hadir pada kesempatan itu, WR Bidang Administrasi dan Keuangan, Ir. Jalaludin, M. Si, Wakil Rektor Bidang Kerja Sama Periode (2018-2022), Direktur Pascasarjana, Prof. Drs. Tans Feliks, M. Ed., Ph. D, Kepala Biro Umum dan Keuangan (BUK), Dra. Karolina K. Sangkala, M.Si, sejumlah dekan dan wakil dekan, beserta sejumlah dosen dan pegawai di lingkungan Undana.

Rektor Dr. Maxs dalam sambutannya menyampaikan proficiat kepada 3 WR dan 2 Kepala Biro yang dilantik. Ia mengatakan, bagaimanapun tantangan Undana ke depan adalah bertransformasi menuju Perguruan Tinggi Negeri-Badah Hukum (PTN-BH). Salah satunya dengan meningkatkan pendapatan non akademik. Karena itu, ia mendorong agar pejabat yang dilantik untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik guna memajukan Undana. Khusus kepada 2 Kepala Biro, ia juga meminta agar secepatnya melakukan inkulturasi di dunia kerja yang baru, dan melaksanakan tugas. Dr. Maxs menegaskan. dengan dilantiknya 2 Kepala Biro dari luar Undana, memberi pesan bahwa Undana sangat memperhatikan profesionalitas, bukan ‘orang dalam atau orang luar’.

Selanjutnya, Rektor juga menyampaikan terima kasih kepada pejabat sebelumnya, khususnya kepada Ir. I Wayan Mudita, M.Sc., Ph. D atas pengabdiannya kepada Undana sebagai WR IV sebelumnya. Semangat bekerja yang ditunjukkan hingga akhir masa jabatan harus menjadi teladan yang baik bagi semua sivitas akademika Undana.

Sementara itu, WR IV Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistim Informasi, Dr. Jefri S. Balle, ST., M.Eng ketika dimintai komentarnya usai pelantikan, menyatakan, pada prinsipnya, sebagai WR dirinya siap menyukseskan visi dan misi Undana. Terkait dengan bidang perencanaan, menurutnya kinerja Sakip harus ditingkatkan. Kemudian sistem informasi di Undana baik itu akademik maupun non akademik juga harus terintegrasi, sehingga pengelolaan manejerial Undana ke depan akan berbasis digital. Terkait dengan kerja sama, jelas Dr. Jefri, harus mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Untuk mendukung tranformasi sistem manajemen Undana menuju PTN BH, ungkapnya, harus didukung dengan peningkatan pendapatan non akademik yang kuat, antara lain dengan optimalisasi aset dan kerja sama.

Sebagai orang muda yang dipercayakan Rektor, dirinya mengaku, jabatan yang diemban sebagai tantangan yang harus dijawab. Ia optimis, didampingi senior-senior, peran generasi muda dalam menghadapi tantangan di era disrupsi sangat dibutuhkan. “Untuk beradaptasi di era disrupsi yang penuh tantangan, kita perlu kerja keras, kerja cerdas dan kerja sama,” pungkasnya. (rfl)

Foto penandatanganan berita acara dan pakta integritas oleh 5 (lima) pejabat yang dilantik Rektor.

Author

Editor LP2M

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *