Prodi Ilkom FISIP Undana Gelar Webminar ‘Digital Tourism’

Melalui digital tourism, diharapkan dapat memberikan peluang bagi generasi muda, khususnya mahasiswa untuk terlibat aktif, menyebarluaskan informasi wisata di Provinsi NTT lewat berbagai platform digital yang dimiliki

Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi (Ilkom), Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), Universitas Nusa Cendana (Undana) menggelar webminar kuliah umum bertema ‘Digital Tourism’ di Hotel Timor, Senin (11/10/2021). Webminar yang dimoderatori Dosen Prodi Komunikasi, Abner P. R. Sanga, S. Sos., M. I. kom itu menghadirkan dua pembicara utama, yaitu Kepala Konsentrasi Komunikasi Pariwisata Universitas Budi Luhur, Doddy Wihardi M.I.Kom dengan topik Implementasi Digital Tourism pada Industri Pariwisata Indonesia, dan Pemilik Travel Agent Dirga Tour Indonesia, Galih Anggoro Purwo dengan topik Penyebaran Informasi Bidang Pariwisata Menggunakan Media Digital.

Hadir, para dosen Ilkom dan para mahasiswa baik luring maupun daring. Dekan FISIP Undana, Dr. Melkisedek Neolaka, M.Si ketika membuka webminar tersebut mengapresiasi Prodi Ilkom yang telah menggelar kegiatan itu. Ia menyatakan, digital tourism sebagai strategi edukasi untuk mempromosikan potensi unggulan suatu daerah, melalui media berbasis teknologi dengan target generasi milenial.

Pihaknya menambahkan, generasi milenial saat ini hadir di tengah kemajuan informasi dan teknologi. Karena itu, para generasi milenial diharapkan mampu memberikan kontribusi efektif bagi daerah dan bagi perguruan tinggi. Dekan FISIP Undana juga berharap, para narasumber dapat berbagi ilmu dan pengalaman tentang digital tourism bagi para generasi milenial. “Harapan saya para pembicara bisa berbagi pengalaman dan pengeatahuan tentang digital tourism,” ujarnya.

Sementara Kaprodi Ilkom, Dr. Petrus Ana Andung, S. Sos., M. Si dalam sambutannya menyatakan, webminar tentang digital tourism sangat penting, karena saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Timur (NTT), menetapkan aspek pariwisata sebagai prime mover (penggerak utama) ekonomi. Dikatakan, dengan adanya webminar tersebut, Prodi Ilkom sudah mulai beradaptasi dengan perkembangan digital era 4.0. Ia menjelaskan, potensi wisata yang ada di NTT dapat menarik banyak wisatawan untuk berkunjung baik wisatawan nusantara (wisnu) maupun wisatawan mancanegara (wisman). Karena itu, salah satu strategi yang dilakukan adalah dengan melakukan promosi secara meluas.

Kaprodi Ilkom menambahkan, digital tourism merupakan salah satu strategi efektif dan efesien, yang dapat digunakan untuk mempromosikan wisata dan produk-produk ekonomi kreatif (ekraf) melalui platform berbasis teknologi atau digital. “Melalui digital tourism, diharapkan dapat memberikan peluang bagi generasi muda khususnya mahasiswa untuk terlibat aktif menyebarluaskan informasi wisata di Provinsi NTT lewat berbagai platform digital yang dimiliki,” tandas Kaprodi Ilkom FISIP Undana memungkasi. (Mahasiswa Magang Jikom FISIP Undana/rfl).

Author

Editor LP2M

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *