Pilrek Undana: Satu Tak Penuhi Syarat, Lima Balon Bakal Ikut Tahap Selanjutnya

“Jadi, panitia hanya memberikan berita acara ke Senat Undana untuk memutuskan, para Balon Rektor yang akan mengikuti tahap Pilrek Undana selanjutnya,” ujar Ketua Panitia Pilrek Undana, Dr. Sipri.

Sejak pembukaan tahapan Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Nusa Cendana (Undana) periode 2021-2025, sebanyak enam orang akademisi asal kampus ini telah melakukan pendaftaran bakal calon (Balon). Enam orang itu yakni Prof. Dr. Simon Sabon Ola, M. Hum, Prof. Drs. Mangadas Lumban Gaol, M. Si, Ph. D, Prof. Ir. Herianus Lalel, M. Si., Ph. D, Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M. Sc, Ir. Franky M. S. Telupere, MP., Ph. D dan Dr. Yendris Krisno Syamrud, S.KM., M.Kes.

Dari enam orang tersebut, satu Balon Rektor yang dinyatakan tak memenuhi syarat adalah Prof. Ir. Herianus Lalel, M. Si., Ph. D. Sementara, lima Balon lainnya dinyatakan telah memenuhi syarat pencalonan dan akan mengikuti tahapan selanjutnya.

Hal itu disampaikan Ketua Panitia Pilrek Undana, Dr. Sipri Suban Garak, M. Sc ketika ditemui di ruang kerjanya, Jumat (20/8/2021) pagi. Beberapa tahapan yang akan diikuti, jelas Dr. Sipri, adalah ikut dalam pemaparan visi-misi tanggal 25 Agustus, kemudian tanggal 26 Agustus dilanjutkan dengan pemilihan yang akan dilakukan internal atau senat Undana.

“Jadi, tanggal 26 Agustus, kita sudah mendapatkan tiga nama. Tiga nama ini kita akan proses dan kita laporkan ke Mendikbudristek tanggal 27-31 Agustus 2021, termasuk sayarat-syarat, berita acara dan dokumen lainnya,” jelas Ketua Panitia Pilrek Undana. Terkait alasan Prof. Heri Lalel yang tidak memenuhi syarat, sebut Dr. Sipri, Prof. Heri tidak memenuhi poin persyaratan pengalaman manejerial.

Ia menambahkan, panitia hanya memberikan nama ke Senat Undana, dan senat yang memutuskan dan mengakomodir para Balon Rektor untuk ikut dalam tahap selanjutnya. “Jadi, panitia hanya memberikan berita acara ke Senat Undana untuk memutuskan para Balon Rektor yang akan mengikuti tahapan Pilrek Undana selanjutnya,” pungkasnya. Keputusan senat itu, sambung Dr. Sipri, tertuang dalam surat dengan perihal penetapan Balon Rektor Undana periode 2021-2025.

Untuk diketahui, tahap pemilihan calon Rektor selanjutnya, yakni: pemilihan 3 (tiga) calon Rektor 1-15 Oktober 2021. Penyerahan hasil pemilihan calon Rektor kepada Rektor 1-20 Oktober 2021. Penyampaian calon Rektor terpilih kepada Mendikbudristek 1-25 Oktober 2021. Selanjutnya, penetapan dan pelantikan Rektor Universitas Nusa Cendana periode 2021-2025, 6 Desember 2021. (rfl)

Author

Editor LP2M

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *