Pembekalan Mahasiswa KKN Undana Periode Semester Genap 2022. Korpus KKN LP2M minta mahasiswa berperan aktif.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Nusa Cendana telah resmi membuka program Kuliah Kerja Nyata (KKN)  Semester Genap Tahun 2022. Acara pembukaan digelar secara daring pada hari Rabu, 6 s/d 8 April 2022 melalui media Zoom.

            Koordinator Pusat Kuliah Kerja Nyata (KKN) LP2M Universitas Nusa Cendana, Dantje Arie Tresna Sina,ST.,MT.,Ph.D dalam laporannya menyampaikan mahasiswa KKN pada periode semester genap 2021/2022 sebanyak 1.998 mahasiswa, yang akan dibagi dalam 198 kelompok, di mana 153 kelompok desa/kelurahan dan 14 kelompok di kabupaten/kota dan 54 kelompok akan ber-KKN di unit-unit di Undana. Menyebutkan bahwa dalam persiapan kegiatan KKN telah melalui beberapa tahapan yang dilakukan yang dimulai dari survey lokasi, pendaftaran mahasiswa dan pembagian kelompok mahasiswa KKN serta perekrutan DPL. Kegiatan KKN berlangsung selama  selama 2 bulan dimulai terhitung 11 april s/d 11 Juni 2022.

Lebih lanjut dikatakan bahwa dalam kegiatan KKN periode dimaksud terdapat 98 Dosen Pembimbing  Lapangan yang tentu bertugas sebagai pembimbing sekaligus memonitor kegiatan-kegiatan mahasiswa di daerah.

            Thema ini diangkat dengan adanya kolaborasi LP2M antara Dinas BKKBN Propinsi NTT dan PMD Propinsi NTT yg akan melibatkan mahasiswa dalam program percepatan penanganan stunting juga program pemberdayaan badan usaha milik desa (Bumdes, dimana Mahasiswa mempunyai tugas pokok  dari LP2M yaitu; 1. Berpartisipasi aktif dalam Kesadaran Masyarakat didalam kesehatan sehubungan dengan masalah Stunting; 2. Berperan aktif dalam membantu program pemberdayaan badan usaha milik desa (Bumdes).

         Mengingat KKN periode ini memeiliki fokus yang jelas untuk berpartisipasi dan mendukung program pemerintah terkait dengan dalam program percepatan penanganan stunting juga program pemberdayaan badan usaha milik desa (Bumdes) maka peran aktif mahasiswa sangat dibutuhkan ditengah masyarakat.”terang Dantje”.

            Pada pembukaan Pembekalan KKN semester genap 2022 turut hadir beberapa narasumber diantaranya Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc (Wakil Rektor Bid. Kemahasiswaan,Plt, Wakil Rektor Bidang Akademik), Ir. I Wayan Mudita, M.Sc., Ph.D (wakil Rektor Bidang. Kerja Sama), Dr. Ir. Damianus Adar,M.Ec. (Kepala LP2M), Marianus Mau Kuru, SE,MPh (Kepala Perwakilan  BKKBN Prop. NTT), Kadis PMD Prop. NTT dan  Kepala Dinas kesehatan masyarakat Dinas kesehatan, kependudukan dan pencatatan sipil Prov. NTT,

            Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc selaku Wakil Rektor Bid.Kemahasiswaan,Plt, Wakil Rektor Bidang Akademik mewakili Rektor undana dalam pembukaan kegiatan dimaksud menyampaikan bahwa seluruh mahasiswa jangan menganggap KKN adalah suatu beban sehingga kalau ditempatkan dimanapun yang penting adalah bisa belajar lebih baik dari masyarakat dan memberikan sesuatu yang lebih baik kepada masyarakat. Mahasiswa KKN diminta memeliki kepekaan pada kondisi dimana ia tempatkan agar mampu berpraktisi secara baik bersama masyarakat. Dengan melihat 2 tema yang diusung, kedua tema yang diangkat pada KKN kali ini merupakan program dari pusat  sampai ke daerah. Untuk itu, mahasiswa juga diminta untuk memiliki pemahaan yang lebih baik sehingga ketika berada ditengah masyarakat mampu berkontribusi dengan baik dan selalu menjaga nama baik Undana nama baik diri sendiri dan memberikan kesan yang indah dimasyarakat. (yst)

Author

Editor LP2M

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments
    Categories
    Archives