Empat Mahasiswa Jikom FISIP Undana Magang di Humas Undana

“Magang tersebut dalam rangka membekali mahasiswa dengan berbagai ketrampilan praktis di dunia kerja,” ujar salah satu mahasiswa magang, Faustinus Ramlisius Panggul di Ruang Humas Undana, Selasa (5/10/2021).

Empat mahasiswa asal Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Nusa Cendana (Undana), melakukan magang di Humas Undana. Empat mahasiswa Ilmu Komunikasi, yang umum disebut Jikom tersebut adalah Jaifa Patimoa (Konsentrasi Humas), Jesica Tania Ndoloe (Konsentrasi Komunikasi Antar Budaya/KAB), Ermenilda Putri Uding (Konsentrasi KAB), dan Faustinus Ramlisius Panggul (Konsentrasi KAB).

Berdasarkan surat yang ditandatangani Ketua Prodi Komunikasi, Drs. Petrus Ana. Andung, S. Sos., M. Si dan Kepala Lab Komunikasi, Silviana S. E. Mandaru. S.Sos., M. Comn, mahasiswa akan melakukan magang kurang lebih satu hingga tiga bulan.

Empat mahasiswa magang, ketika melakukan praktek pada hari pertama di Humas Undana menyebut, kegiatan magang dilakukan di berbagai instansi maupun lembaga oleh semua mahasiSwa, terutama mahasiswa semester tujuh. “Magang tersebut dalam rangka membekali mahasiswa dengan berbagai ketrampilan praktis di dunia kerja,” ujar salah satu mahasiswa magang, Faustinus R. Panggul di Ruang Humas Undana, Selasa (5/10/2021).

Menurutnya, Jikom Undana telah mengambil kebijakan agar setiap mahasiswa wajib melakukan kegiatan magang di berbagai lembaga atau unit kerja yang relevan dengan bidang Ilmu Komunikasi. “Di Rektotat Undana, kami ada 13 mahasiswa, tetapi 7 mahasiswa magang di BAAKPSI, sementara saya dan tiga teman memilih untuk melakukan magang di Humas Undana,” ungkap Faustinus.

Sementara itu, Jaifa, Jesica dan Ermenilda menambahkan, ada sejumlah mahasiswa yang melakukan magang di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kabupaten/kota, Kantor Gubernur NTT, maupun di lembaga swasta seperti CIS Timor. “Kalau dulu Prodi yang memilih tempat magang, namun kini mahasiswa diizinkan memilih tempat magang,” ujar Ermenilda diamini tiga temannya. Ermelinda menambahkan, dosen pendamping bagi empat mahasiswa Jikom FISIP, yakni Juan Ardiles Nafie, S. IKom, M. IKom dan Ferly Tanggu Hana, S. Si.,M. Comn.

Untuk diketahui, magang kali ini berbentuk project base atau berbasis proyek personal. Magang berbasis personal merupakan format magang yang akan diberlakukan selama pandemic covid-19 berlangsung, guna mencegah penyebaran secara luas transmisi lokal di Indonesia. Berbeda dengan magang umumnya yang biasa dilaksanakan secara penuh waktu dan sesuai jam kantor. Dalam format magang tersebut, peserta magang diwajibkan membuat proyek personal, dan institusi terlibat sebagai mitra dimana institusi bisa berperan penting sebagai penyedia data, narasumber, atau peran- peran lainya yan dianggap sesuai dengan proyek personal peserta. (rfl)

Author

Editor LP2M

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *